TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

02 Januari 2017

Hallo guys ketemu lagi dengan saya kali ini saya akan membahas tentang TELEKOMUNIKASI DAN JARINGAN

PENGERTIAN
Jaringan telekomunikasi adalah rangkaian perangkat telekomunikasi dan kelengkapannya yang digunakan dalam melakukan aktivitas telekomunikasi. Jaringan telekomunikasi merupakan bagian dari kegiatan penyelenggaraan telekomunikasi yang telah diatur oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam Undang-Undang Telekomunikasi nomor 36 tahun 1999.

SEJARAH JARINGAN TELEKOMUNIKASI
    Perkembangan teknologi jaringan telekomunikasi berkembang seiring dengan waktu dan kebutuhan manusia dalam berkomunikasi. Dalam perkembangannya, jaringan telekomunikasi yang pertama kali digunakan adalah jaringan telekomunikasi 1G yang dikembangkan tahun 1973.1G merupakan generasi awal teknologi telepon seluler untuk komunikas suara yang berbasis teknologi radio panggil. Selanjutnya adalah teknologi jaringan 2G yang berkembang pada tahun 1990-an.Dalam teknologi 2G, jaringan yang dibuat untuk komunikasi suara lebih dikembangkan.Di era ini pula, teknologi suara digital pertama (GSM dan CDMA) mulai berkembang. Kemudian pada tahun 1998, teknologi jaringan 3G berkembang di dunia. Pada teknologi 3G jaringan dengan layanan suara dan data mulai dikembangkan bersamaan dengan akses internet pita lebar. Kemudian pada tahun 2006, teknologi 4G mulai dikembangkan. Teknologi ini menyediakan jaringan pita ultra lebar berstandar WiMAX dan LTE.

Jaringan telekomunikasi terdiri dari tiga komponen utama:
1. Perangkat transmisi
          Perangkat transmisi bertugas menyampaikan informasi dari satu tempaat ketempat yang lain (baik dekat, maupun jauh). Media transmisinya dapat berupa kabel, serat optik maupun udara, tergantung jarak dari tempat-tempat yang dihubungkan serta tergantung pada beberapa banyak tempat yang saling dihubungkan.


2.Perangkat Penyambungan(switching)
            Perangkat penyambungan bertugas agar pemakai dapat menghubungi pemakai lain sesuai seperti yang diinginkannya. Perangkat penyambungan disebut masih menggunakan sistem manual bila diperlukan seorang operator yang bertugas menyambungkan pemakai dengan pemakai lain yang diingininya.

3. Terminal

        Terminal adalah peralatan yang bertugas merubah sinyal informasi asli (suara manusia atau lainnya) menjadi sinyal elektrik atau elektromagetik atau cahaya.
     
 Macam-Macam topologi jaringan Telekomunikasi Jaringan

Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama, diantaranya adalah:
  1. Topologi bintang
  2. Topologi cincin
  3. Topologi bus
  4. Topologi jala
  5. Topologi pohon
  6. Topologi linier

 MAKSUD DAN TUJUAN
 Maksudnya agar dapat memahami jaringan telekommunikasi

ALAT DAN BAHAN
#laptop

WAKTU YANG DI BUTUHKAN
   Dalam mempelajari jaringan telekomunikasi saya membutuhkan waktu sekitar 1 jam

REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_telekomunikasi

http://arhystiawan.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-jaringan-telekomunikasi.html

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »