SISTEM OPERASI || PRAKERIN BLC TELKOM

16 November 2016

Hallo guys kali ini saya akan membahas tentang SISTEM OPERASI


 
Operating system placement-id.svgPENGERTIAN 
  sistem operasi adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer  (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem  yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras  serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.Sistem Operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:

1.Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
2.Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 
3.Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4.Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5.Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.

MACAM-MACAM SISTEM OPERASI 

macam macam sistem operasi pc 

  1. Family of Microsoft Windows
    – Windows Desktop Environment versi 1.x sampai versi 3.x
    – Windows 9x (Windows 95, Windows 98, dan Windows 98 ME)
    – Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows Millennium Edition (ME), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows Seven (7), Windows 8, dan terakhir sistem operasi terbaru 2015 yaitu Windows 10 (Ten).
  2. Family of Unix
    – POSIX
    – SCO UNIX
    Berkeley Software Distribution (BSD)
    – GNU/Linux
    – Mac OS X (kernel BSD yang menjadi dasar kemudian dimodifikasi a.k.a Darwin
    GNU/Hurd.
  3. Mac OS X, OS milik Apple yang lazimnya dikenal dengan Macintosh atau Mac. OS Terbarunya adalah OS X El Capitan (versi 10.11.x) setelah sebelumnya OS X Yosemite (versi 10.10.x), OS X Maverick (versi 10.09.x), OS X Mountain Lion (versi 10.8.x), OS X Lion (versi 10.7.x), OS X Snow Leopard (versi 10.6.x), OS X Leopard (versi 10.5.x), OS X Tiger (10.4.x), OS X Panther (10.3.x), OS X Jaguar (10.2.x), OS X Puma (10.1.x), dan OS X Cheetah (10.0.x).

 Latar Belakang
   di lihat dari perkembangan teknologi saat ini kita perlu mengetahui apa itu sistem operasi.agar kita tidak ketinggalan perkembangan teknologi saat ini.

Tujuan
agar mampu memahami tentang sistem operasi seta menggunakannyna dengan baik.
REFERENSI
 https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

 http://www.needsindex.com/01022217/macam-macam-sistem-operasi-terbaru-dan-lengkap.php

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »