KONFIGURASI VPN PADA DEBIAN ROUTER

13 Februari 2017

KONFIGURASI VPN PADA DEBIAN ROUTER
A.PENGERTIAN
   Sebuah jaringan pribadi virtual atau VPN untuk jangka pendek, adalah cara menghubungkan komputer ke remote jaringan . Kebanyakan orang menggunakan komputer terhubung ke World Wide Web menggunakan jaringan yang normal - mereka menggunakan dial-up atau broadband . Sebuah VPN adalah sedikit berbeda. Ini digunakan oleh beberapa pekerja untuk menghubungkan menggunakan laptop untuk melakukan pekerjaan - mereka dapat memeriksa pekerjaan mereka email dan melihat pekerjaan situs yang tidak dapat dilihat di internet normal. 

Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan aturan (protocol) tertentu. Mengelola jaringan yang hanya terdiri dari beberapa komputer (host) merupakan pekerjaan mudah. Namun jika jaringan tersebut berkembang dan memiliki ratusan bahkan ribuan host, maka mengelola jaringan akan menjadi mimpi buruk bagi setiap pengelola jaringan (Administrator jaringan).
Belum lagi jika jaringan tersebut menggunakan teknologi yang berbeda-beda, misalnya ada host yang menggunakan teknologi kabel dan ada yang host yang menggunakan teknologi nirkabel (wireless). Ditambah lagi ada beberapa host yang harus digunakan oleh pengguna umum (public user) dan beberapa host lainnya hanya bisa digunakan pengguna internal (privat user).
Pekerjaan mengelola jaringan juga akan bertambah buruk jika letak ratusan host tersebut tersebar di beberapa gedung ataupun terletak di beberapa kota untuk jaringan dengan skala yang lebih luas. Semua itu membuat perusahaan akan semakin sulit untuk mengatur jaringannya dan selalu berpikir bagaimana cara yang paling efektif untuk mengendalikan jaringan tersebut.
Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas tersebut maka jaringan (network) itu harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Mengatur beberapa jaringan kecil yang penghuninya hanya puluhan host tentu akan lebih mudah dari pada mengatur sebuah jaringan besar yang berisi ratusan bahkan ratusan/ribuan host. Dalam proposal ini, Teknik memisahkan jaringan ini dapat diimplementasikan untuk jaringan local antar kota atau dengan kata lain jaringan Metro Lan antar gedung, penerapan metrolan bersamaan dengan penerapan protokol Virtual Private Network (VPN).

B.LATAR BELAKANG
    dengan berkembangnya teknologi sekarang ini kita tidak hanya dapat meremot server kita dari dekat melainkan kita dapat meremot server kita dari jarak jauh menggunakan konsep vpn ini.

C.MAKSUD DAN TUJUAN
   1. Bisa digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, Remote Web Camera, DLL
  2.penggunaaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.  Dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar. Semakin jauh jarak yang diinginkan, semakin meningkat pula biaya produksinya.

  3.Memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun berada. Selama bisa mendapatkan akses internet ke ISP terdekat, staff perusahaan tetap dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan
D.ALAT DAN BAHAN
   # laptop
   # koneksi internet
  # server

E.WAKTU YANG DI BUTUHKAN
   waktu yang di butuhkan untuk konfigurasi vpn ini sekitar 30-40 menit

F.TAHAP PELAKSANAAN
1.pertama install pptpd-nya dengan perintah
   #apt-get install pptpd
2.setelah terinstall lalu edit file pptpd.conf dengan perintah
   #nano /etc/pptpd.conf

3.lalu tambahkan script local ip dan remote ip pada bagian paling bawah
   localip =>di isi ip server 
   remoteip =>di isi range ip server
 setelah selesai silahkan di save dengan cara ctrl+x,klik y ,enter 
4.lalu edit file pptpd-options dengan perintah
   #nano /etc/ppp/pptpd-options
5.lalu tambahkan script berikut pada bagian paling bawah
  nobsdcomp
 ms-dns 8.8.8.8
 ms-dns 8.8.4.4
 noipx
 mtu 1490
 mtu 1490
setelah selesai silahkan di save 
6.lalu edit pada file chap-secrets dengan perintah
  #nano /etc/ppp/chap-secrets
7.kemudian masukkan username dan passwordnya seperti di bawah ini
  #client         server         secret            ip address
   usernam           *              password            *
satelah selesai di save
8.lalu restart pptpd dengan perintah
  #/etc/init.d/pptpd restart
9.lalu tambahkan vpn connection pada network connection lalu klik add

10.maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini yaitu pemilihan type connections silahkan pilih point-to-point tunneling protocol(pptp)
lalu klik create
11.lalu isikan gateway ,username,dan password
    gateway =>di isi ip gateway servernya
    username =>di isi username yang di konfigurasi tadi
    password =>di isi passwordnya
pada tab advanced pilih point-to-point-protocol
  lalu klik save 
12.maka akan muncul pemberitahuan bahwa vpn telah succesfully
13.konfigurasi telah selesai tinggal mengkonekkan vpnnya

G.HASIL DAN KESIMPULAN
  konfigurasi vpn telah berhasil jadi kita dapat meremot server kita dari manasaja asalkan kita terhubung dengan vpnnya 

H.REFERENSI
    # https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=https://simple.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_network&prev=search
   # https://id.wikipedia.org/wiki/Virtual_private_network

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
May 24, 2017 at 7:07 PM delete

bagus sih , tips aku km kasih keterangan debian 8 karna akan lebih membuat spesifik lagu postingan mu ini

Reply
avatar